1 Login di website Sinari

Pelanggan harus memiliki akun Sinari dan login sesuai email atau nomor handphone yang didaftarkan. Bagi yang belum memiliki akun bisa mendaftar dengan klik menu Register.

2 Mengisi form permohonan layanan :

Pelanggan yang sudah login dapat mengisi formulir permohonan layanan dengan mengisi item-item yang telah disediakan.

3 Verifikasi permohonan

Petugas/admin kami akan melakukan verifikasi terhadap semua permohonan layanan yang masuk dan akan mengkonfirmasikan kepada pemohon secara online. Terhadap permohonan yang disetujui akan dicantumkan informasi tentang :

  • Berat barang/sampel
  • Jumlah dan dimensi kemasan
  • Jadwal proses iradiasi
  • Estimasi biaya layanan

Pemohon dapat memantau hasil verifikasi setelah login di akun Sinari.

4 Konfirmasi pengiriman sampel.

Permohonan yang telah diverifikasi dan disetujui dapat langsung melakukan konfirmasi pengiriman barang/sampel sesuai jumlah, volume dan berat per kemasan sesuai ketentuan yang dicantumkan dalam lembar konfirmasi/persetujuan, dan item-item terkait yang disediakan dalam formulir Konfirmasi Pengiriman

5 Konfirmasi penerimaan sampel

Petugas penerima sampel akan melakukan pemeriksaan secara fisik dan menimbang barang/sampel. Hasil pemeriksaan/penimbangan akan disampaikan/diinput oleh admin kami di web Sinari berisi : jumlah, berat, kondisi kemasan yang memenuhi ketentuan untuk diiradiasi serta beaya layanan.

6 Persetujuan beaya

Pemohon wajib menyampaikan persetujuan beaya layanan sesuai data hasil verifikasi penerimaan sampel untuk pembuatan e-billing. Proses persetujuan dilakukan dan disampaikan melalui halaman akun Sinari pelanggan.

7 Penerbitan E-billing

Admin kami akan memproses pembuatan E-billing setelah pemohon menyetujui biaya layanan. E-billing akan diunggah dan bisa dibuka/diunduh oleh pelanggan setelah login di web Sinari

8 Pembayaran E-billing

Pemohon melakukan pembayaran/transfer sesuai jumlah beaya ke rekening yang dicantumkan dalam E-billing.

9 Konfirmasi penerimaan E-billing

Admin kami akan memantau penerimaan E-billing dan segera mengonfirmasikan serta menggugah bukti penerimaan E-billing yang bisa dibuka oleh pelanggan setelah login di web Sinari.

10 Proses iradiasi

Proses iradiasi dilakukan sesuai form permohonan yang telah disetujui oleh penanggungjawab layanan.

11 Penerbitan Surat Keterangan Iradiasi

Terhadap barang/sampel yang telah diiradiasi akan diterbitkan Surat Keterangan Iradiasi yang akan diunggah ke web Sinari dan bisa dibuka/diunduh oleh pelanggan. Lembar asli (hardcopy) akan diserahkan saat pengambilan barang/sampel.

12 Informasi pengambilan barang

Barang/sampel yang telah diiradiasi dan telah diterbitkan Surat Keterangan Iradiasi dapat segera diambil. Pelanggan dimohon menginformasikan rencana pengambilan barang/sampel dengan mengisi formulir pengambilan barang yang disiapkan di web sinari.

13 Serah terima barang

Barang/sampel diserahterimakan di lokasi layanan kepada pemohon/pihak yang ditunjuk sesuai data yang diinputkan pada formulir pengambilan barang

14 Selesai

Proses layanan dinyatakan selesai setelah barang/sampel diserahterimakan.

Keterangan :

Semua tahapan bisa dipantau secara online di web Sinari. Demi kelancaran mohon agar pelanggan menyempatkan login di web Sinari untuk memantau dan segera menindaklanjuti tahapan yang diperlukan sampai proses layanan selesai.

Layanan Jasa Iradiasi
Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi - BATAN

Jl. Lebak Bulus Raya No. 49, Cilandak, Jakarta Selatan 12440
Telp : 021-7690709
layanan-iradiasi@batan.go.id