Pasteurisasi:

About us

Merupakan teknik pengawatan dengan iradiasi gamma yang terbukti efektif menghambat proses pembusukan dengan mematikan organisme dalam produk pangan, herbal, obat-obatan, bahan kosmetik dan produk lainnya melalui iradiasi dengan dosis tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dan kajian yang dilakukan untuk keperluan pengawetan bahan pangan, teknologi ini terbukti aman dan sudah diimplentasikan oleh lebih dari 60 negara dengan kapasitas bahan makanan yang diiradiasi mencapai 500.000 metric ton per tahun.

Link referensi terkait:

Sterelisiasi:

Sinar gamma adalah bentuk radiasi elektromagnetik seperti x-ray yang memiliki energi lebih tinggi.
Dengan dosis yang tepat Iradiasi Sinar gamma sangat efektif membunuh bakteri yang ada pada bahan/materi yang diiradiasi.

Iradiator PAIR BATAN telah banyak melayani sterilisasi produk-produk terutama alat kesehatan.

Link referensi terkait:

Fitosanitari:

Saat ini banyak negara yang mensyaratkan adanya phytosanitary certificate terhadap tumbuhan/produk tumbuhan untuk mencegah keluar/masuknya hama dan penyakit tanaman melalui ekspor/impor tanaman/produk tanaman.

Teknik iradiasi yang dilakukan untuk memenuhi persyaratan fitosanitari dari negara tujuan ekspor mempunyai banyak keunggulan dibandingkan teknik lainnya. Teknik iradiasi pada beberapa jenis buah dan sayuran dengan dosis yang sesuai terbukti aman dan dapat memperpanjang umur atau daya simpan serta tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.

Untuk membantu eksportir dalam pemenuhan persyaratan sertifikasi fitosaniari ke negara tujuan ekspor serta dalam upaya meningkatkan ekspor produk pertanian, Badan Karantina Pertanian - Departemen Pertanian menggandeng BATAN dalam pemanfaatan iradiasi di bidang karantina.

Link referensi terkait:

Penelitian (mutasi tanaman):

Teknologi iradiasi juga dapat dimanfaatkan untuk pemuliaan tanaman melalui teknik mutasi genetik tanaman dengan memberikan variasi dosis pada benih yang akan dikembangkan yang kemudian diseleksi untuk memperoleh varietas baru yang memiliki sifat-sifat unggul yang diinginkan.

Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) BATAN memiliki 2 fasilitas iradiator berlokasi di Kawasan Nuklir Pasar Jumat yang khusus melayani iradiasi dengan dosis yang sesuai untuk untuk keperluan penelitian mutasi tanaman dengan iradiasi.

Melalui pemanfaatan fasilitas-fasilitas iradiator PAIR BATAN ini telah banyak dihasilkan varietas-varietas unggul oleh peneliti BATAN, Departemen Pertanian, LIPI, Perguruan Tinggi, dan lembaga penelitian lain dengan teknik mutasi radiasi. Atas keberhasilan peneliti-peneliti BATAN menghasilkan varietas-varites unggul dan kontribusi yang besar dalam pemanfaatan teknologi radiasi di bidang pertanian, Badan Tenaga Atom Internasional atau International Atomic Energy Agency (IAEA) menetapkan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) c.q Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) sebagai pusat kolaborasi atau collaborating center (CC) pemuliaan mutasi tanaman. Penetapan ini dilakukan saat general conference IAEA di Wina, Austria pada 22 September 2017.

Link referensi terkait :

Our Mission